Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi faktor-faktor yang
mempengaruhi UKM di negara berkembang dalam permasalahan untuk mengadopsi
e-commerce. Penelitian ini dilandaskan berdasarkan fakta bahwa pengadaptasian
e-commerce pada UKM terutama di negara berkembang, masih sangat tertinggal bila
dibandingkan dengan perusahaan besar. Dan untuk mampu beradaptasi di keadaan
era ekonomi sekarang, yaitu era informasi; bisnis, termasuk UKM diharuskan
untuk mampu mengadopsi sistem e-commerce. Pihak yang tidak mengambil bagian
akan tertinggal. Dan sebagai faktor tambahan, penelitian mengenai
pengadaptasian e-commerce bagi UKM masih sangat jarang ditemukan. Oleh karena
itu, hasil dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai
pengadopsian e-commerce oleh UKM di negara berkembang.
Model
yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan dari TOE framework. 11 variabel diajukan sebagai faktor yang mempengaruhi
UKM dalam pengadopsian e-commerce/ Faktor tersebut kemudian dikategorikan
menjadi empat bagian, yaitu ; faktor teknologi, faktor organisasi, faktor
lingkungan, dan faktor individual. Berdasarkan survey dari 292 UKM di
Indonesia, kami menemukan bahwa harapan keuntungan, kesiapan teknologi, inovasi
dari pemilik UKM, dan kemampuan IT serta pengalaman IT pemilik UKM adalah
faktor penting yang mempengaruhi dalam proses pengadopsian e-commerce oleh UKM
di Indonesia.
Link : https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815039026
No comments:
Post a Comment