Monday, March 19, 2018

Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country : Evidence from Indonesia



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi UKM di negara berkembang dalam permasalahan untuk mengadopsi e-commerce. Penelitian ini dilandaskan berdasarkan fakta bahwa pengadaptasian e-commerce pada UKM terutama di negara berkembang, masih sangat tertinggal bila dibandingkan dengan perusahaan besar. Dan untuk mampu beradaptasi di keadaan era ekonomi sekarang, yaitu era informasi; bisnis, termasuk UKM diharuskan untuk mampu mengadopsi sistem e-commerce. Pihak yang tidak mengambil bagian akan tertinggal. Dan sebagai faktor tambahan, penelitian mengenai pengadaptasian e-commerce bagi UKM masih sangat jarang ditemukan. Oleh karena itu, hasil dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai pengadopsian e-commerce oleh UKM di negara berkembang.
Model yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan dari TOE framework. 11 variabel diajukan sebagai faktor yang mempengaruhi UKM dalam pengadopsian e-commerce/ Faktor tersebut kemudian dikategorikan menjadi empat bagian, yaitu ; faktor teknologi, faktor organisasi, faktor lingkungan, dan faktor individual. Berdasarkan survey dari 292 UKM di Indonesia, kami menemukan bahwa harapan keuntungan, kesiapan teknologi, inovasi dari pemilik UKM, dan kemampuan IT serta pengalaman IT pemilik UKM adalah faktor penting yang mempengaruhi dalam proses pengadopsian e-commerce oleh UKM di Indonesia.
Link : https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815039026

No comments:

Post a Comment

Fostering knowledge management through the creative work environment a portable model from the advertising industry

Dalam penciptaan pengetahuan di suatu perusahaan, membangun komunitas praktik dan mendorong orang-orang untuk membentuk jejaring sosial...