Monday, March 19, 2018

Fostering knowledge management through the creative work environment a portable model from the advertising industry


Dalam penciptaan pengetahuan di suatu perusahaan, membangun komunitas praktik dan mendorong orang-orang untuk membentuk jejaring sosial untuk menyebarkan informasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam rangka menumbuhkan kreativitas dan inovasi. Dapat dikatakan bahwa untuk mengeksploitasi pengetahuan dan membangun komunitas praktik yang efektif, perlu adanya lingkungan kerja yang mendorong adanya peningkatan dalam hal berbagi informasi, kreativitas dan inovasi. Pendekatan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi manajemen senior terhadap faktor positif dan negatif yang mendorong atau menghalangi lingkungan kerja. Model konseptual yang dirancang oleh Amabile dkk. digunakan sebagai kerangka kerja untuk serangkaian wawancara kualitatif dengan manajer senior di industri periklanan di Inggris. Penelitian ini menemukan bahwa biro iklan di Inggris diatur oleh perilaku yang memungkinkan mereka untuk memperkuat dimensi kerja yang mendorong lingkungan kerja sosial / kreatif sehingga secara efektif akan memanfaatkan pengetahuan secara eksplisit. Faktor-faktor yang biasanya menghambat lingkungan kerja yang kreatif dalam sebuah organisasi,  merupakan hal yang langka untuk ditemukan di lembaga-lembaga ini. Temuan ini mendukung argumen bahwa industri yang sangat kreatif ini meniru praktik terbaik dan dapat digunakan sebagai patokan untuk organisasi lain. Namun, perlu diketahui bahwa industri periklanan mungkin lebih dapat diterapkan sebagai patokan untuk industri berbasis layanan dan organisasi berbasis pengetahuan lainnya, terutama di era ekonomi yang baru, dan bukan untuk industri berorientasi produksi besar.

Link : Jurnal

No comments:

Post a Comment

Fostering knowledge management through the creative work environment a portable model from the advertising industry

Dalam penciptaan pengetahuan di suatu perusahaan, membangun komunitas praktik dan mendorong orang-orang untuk membentuk jejaring sosial...